Thursday, September 25, 2014

Membuat Program Katakan Angka atau Terbilang di Bahasa Pemrograman Python (Full Program)

Membuat Program Katakan Angka atau Terbilang di Bahasa Pemrograman Python (Full Program) | pemrograman | komputer | bahasa python
Maksud dari judul di atas adalah pembuatan program untuk menyebutkan angka secara terbilang yang telah diinput oleh user. Jadi seorang user menginput angka kemudian program tersebut akan memberikan output dalam bentuk terbilang sesuai angka tersebut. Program ini menggunakan fungsi rekursif. Arti dari rekursif sendiri adalah pengulangan sebuah program dengan cara memanggil dirinya sendiri. Sebelum sobat melanjutkan materi Pembuatan Katakan Angka atau Terbilang di Bahasa Pemrograman Python, sobat harus mengetahui dulu bagaimana sistem kerja rekursif. Untuk lebih mudanya, saya akan memberikan contoh simple menggunakan rekursif. Lihat gambar di bawah ini :
bahasa pemrograman python

Saya rasa contoh program di atas sangatlah simple dan mudah untuk dipahami oleh sobat semua. Karena saya yakin sobat semua sudah mengetahui bagaimana perhitungan factorial dilakukan. Jika ada yang belum paham mengenai rekursif bisa langsung memberikan komentar di bawah, saya akan coba menjawabnya. Hal ini sangatlah penting karena sebelum memahami program Katakan Angka atau Terbilang, sobat harus mengetahui dasar sistem atau fungsi rekursif terlebih dahulu. Saya anggap sobat sudah memahami fungsi rekursif dan mari kita memulai tahap awal pembuatan program Katakan Angka atau Terbilang : Perlu diketahui bahwa program ini sangatlah panjang, maka dari itu saya akan membagi postingan ini menjadi beberapa part. Untuk postingan saya hari ini saya akan memberikan full program. Silahkan lihat gambar di bawah ini :

Untuk penjelasan setiap part dari program di atas, silahkan sobat lanjutkan membacanya di postingan berikutnya. Baca Materi Selanjutnya >>

1 comment: