Friday, September 26, 2014

Membuat Program Katakan Angka atau Terbilang di Bahasa Pemrograman Python (Part 1)

Membuat Program Katakan Angka atau Terbilang di Bahasa Pemrograman Python (Part 1) | pemrograman | komputer | bahasa python
Sesuai dengan postingan saya sebelumnya, saya akan menjelaskan pembuatan program Katakan Angka atau Terbilang setiap part. Pada postingan ini saya akan memulai di part 1 yaitu pembuatan dictionary dan variabel yang dibutuhkan dalam program ini. Sobat bisa melihat gambar part 1 di bawah ini :
bahasa pemrograman python

Keterangan :
  • Part 1 adalah script yang saya tandai dengan kotak merah pada gambar di atas. Jika sobat mengikuti materi yang saya berikan dari awal, saya rasa part 1 ini tidak ada masalah karena ini hanya membuat dictionary dan variabel.
  • Untuk sobat yang belum paham, saya akan mencoba mengulangi materi tentang dictionary dan variabel lagi. Kita mulai dari dictionary, coba sobat lihat di var angka pada script paling atas. Sobat membuat var angka dengan nilai sebuah dictionary. Ingat bahwa ciri-ciri dictionary adalah di awali dan di akhiri dengan bracket “{ }”. Jika masih kurang jelas dengan dictionary, sobat bisa mengujungi postingan saya dengan judul “Membuat Tuple, List, dan Dictionary di Bahasa Pemrograman Python”
  • Isi di dalam bracket “{ }” tersebut menunjukkan bahwa integer 1 bernilai sebuah string “satu”, integer 2 bernilai sebuah string “dua”, dan seterusnya. Jika sobat lupa tentang materi apa itu integer dan string, sobat bisa mengunjungi postingan saya dengan judul “Belajar dasar-dasar bahasa pemrograman Python bagi pemula”
  • Var b bernilai string “ puluh “, var c bernilai string “ ratus “, var d bernilai string “ ribu “, dan seterusnya. Yang perlu saya ingin garis bawahi di dalam pembuatan variabel disini adalah nilai string dari semua variabel. Jika sobat memperhatikan, pada setiap nilai string dari var b sampai var g adalah diawali dan diakhiri dengan spasi. Fungsinya adalah ketika nanti program menggabungkan dari setiap variabel ke variabel lain sudah otomatis terdapat spasi.
Demikian postingan saya part 1 dalam pembuatan program katakan angka atau terbilang di bahasa pemrograman python. Saya harap sobat melanjutkan membaca postingan-postingan selanjutnya supaya benar-benar memahami program yang saya sampaikan. Terimakasih. << Baca Materi Sebelumnya Baca Materi Selanjutnya >>

No comments:

Post a Comment