Thursday, October 9, 2014

Pengertian Algoritma dan Flowchart di Bahasa Pemrograman Python

Di bidang matematika, algoritma adalah prosedur dalam perhitungan, penalaran, atau pemrosesan suatu data. Algoritma adalah hal terpenting dalam bahasa pemrograman karena dalam pembuatan program harus mengerti terlebih dahulu step jalannya program. Jika kita tidak mengetahui algortima bagaimana program dibuat, sama saja kita berjalan tanpa tujuan, 

Dengan penjelsan sedikit tentang algoritma di atas, saya yakin sobat sudah mempunyai gambaran tentang apa itu algoritma. Algoritma di Bahasa Pemrograman biasanya digambarkan dengan Flowchart. Apa itu flowchart ? 

Flowchart adalah diagram grafis yang menyatakan steps atau langkah-langkah dari algortima yang kita buat. Silahkan sobat lihat gambar-gambar yang digunakan untuk membuat algoritma di Flowchart :

GambarSimbol untukKeterangan
ProsesMenyatakan kegiatan yang akan ditampilkan dalam diagram (langkah-langkah)
Titik Keputusan (decision)Proses / Langkah dimana perlu adanya keputusan atau adanya kondisi tertentu. Di titik ini selalu ada dua output untuk melanjutkan proses yang berbeda..
Input / Output DataDigunakan untuk mewakili data yang masuk (input) dan data yang keluar (Output) / hasil dari decision.
TerminasiMenunjukkan awal atau akhir sebuah proses (Start dan Stop /Finish)
Garis Menunjukkan arah aliran proses atau algoritma.
Kontrol / InspeksiMenunjukkan proses / langkah dimana ada inspeksi atau pengontrolan.

Saya akan memberikan contoh pembuatan algoritma menggunakan Flowchart pada program yang simple. Saya akan mengambil program yang telah saya buat sebelumnya yaitu menentukan bilangan ganjil atau bilangan genap. Silahkan perhatikan langkah-langkah berikut :


Keterangan :
  • Program dimulai dengan diagram terminasi "Start" yang menandakan bahwa program dimulai.
  • Diagram input bilangan, seorang user menginput sebuah nilai bilangan.
  • Decision, mengambil keputusan jika bilangan yang diinput oleh user adalah bilangan yang habis dibagi 2 (genap), maka :
  • Jika "Yes" artinya bilangan tersebut memang habis dibagi 2, maka menghasilkan output dengan mencetak "Genap".
  • Setelah mencetak "Genap", program akan berhenti yang diwakili dengan diagram terminasi "Stop".
  • Jika "No" artinya bilangan tersebut tidak habis dibagi 2, maka program akan melanjutkan ke instruksi atau diagram selanjutnya.
  • Diagram selanjutnya adalah decision. Mengambil keputusan jika bilangan yang diinput oleh user adalah bilangan yang tidak habis dibagi 2 (ganjil), maka :
  • Jika "Yes", maka akan menghasilkan output dengan mencetak "Ganjil".
  • Stelah mencetak "Ganjil", program akan berhenti yang diwakili dengan diagram terminasi "Stop".

Dengan mempelajari Algoritma dan Flowchart ini, saya berharap bahwa sobat bisa mengaplikasikannya di Program lain. Jadi coba sobat membuat sebuah algortima menggunakan flowchart di program-program yang telah kita bahas sebelumnya. Semoga bermanfaat dan terimakasih. :)

3 comments:

  1. wahh saya pernah belajar ini nih waktu matkul Sistem Informasi Manajemen. Walau saya bukan anak TI, saya dapet matkul ini, saya cuma anak manajemen :D

    ReplyDelete
  2. Oh gitu ya, silahkan kalo mau belajar lagi gan..

    ReplyDelete
  3. Ingin mengatahui lebih lanjut? Klik: https://mengenalpythonyuk.blogspot.com

    ReplyDelete