Friday, October 10, 2014

Pengertian, Tag, Elemen, dan Atribut HTML di Pemrograman Web Dasar


  1. Pengertian

    HTML (HyperText Markup Language) adalah salah satu pemrograman web desain atau bisa juga disebut script-script yang menyusun sebuah dokumen web. HTML adalah materi yang paling basik untuk menjadi seorang webmaster. Sebenarnya untuk menjadi webmaster, tidak hanya menggunakan HTML saja, banyak yang harus dikuasai mulai dari CSS, PHP, MySql, Javascipt, dan lain-lain.

    Penulisan script HTML menggunakan text editor bawaan windows yaitu Notepad. Tapi kebanyakan webmaster lebih menyukai menggunakan Notepad++ atau dreamweaver. Silahkan sobat ingin menggunakan compiler yang mana. Jika sobat ingin yang lebih advanced, saya sarankan sobat menggunakan dreamweaver karena banyak feature yang disediakan sehingga memudahkan untuk belajar. Untuk penyimpanan file script html adalah menggunakan ekstensi ".htm" atau ".html"

  2. Tag-tag HTML

    HTML mengandung tag-tag yang membangun sebuah page website. Setiap tag yang dibuat harus terdiri dari tag pembuka dan tag penutup. Misalnya tag pembuka "<html>" , di tengahnya berisi tag-tag lain atau konten, kemudian di akhiri dengan tag penutup "</html>". Struktur dasar HTML adalah terdiri dari beberapa tag yaitu :

    <html>
    <head>
    <title>Judul Dokumen</title>
    </head>
    <body>
    Isi atau konten halaman di dalam dokumen yang dibuat.
    </body>
    </html>

  3. Elemen-elemen HTML

    Dari struktur dasar HTML yang terdiri atas tag-tag di atas dibagi menjadi tiga elemen, yaitu elemen pembuka, elemen isi, dan elemen penutup. Pembagian elemen tersebut dapat dikelompokkan menjadi :

    <html> . . . . </html>
    Sebagai elemen pembuka sekaligus elemen penutup.

    <head>
    <title> . . . . </title> 
    </head> 
    Sebagai elemen isi dengan tag <head> mendefinisikan bagian kepala dokumen dari suatu halaman website. Sedangkan tag <title> untuk mendeklarasikan bagian judul halaman website.

    <body> . . . . </body>
    Sebagai elemen isi dengan tag <body> mendefinisikan isi halaman website.

  4. Atribut.

    Atribut di HTML mendefinisikan properti-properti dari suatu elemen html, yaitu terdiri dari nama dan nilai. Bagaimana penulisan atribut dalam HTML ? Perhatikan penulisan berikut :

    <tag namaAtribut1="nilaiAtribut1" namaAtribut2="nilaiAtribut2"> . . . . </tag>

  5. Contoh :

    Contoh di bawah ini adalah pembuatan script sederhana menggunakan HTML untuk membuat halaman website. Saya menggunakan Notepad++ dalam pembuatan script ini :


    Setelah menulis script di atas, silahkan sobat menyimpan dengan nama terserah sobat akan tetapi berekstensi ".htm" atau ".html". Misalnya halaman.htm atau halaman.html. Setelah itu, buka file html yang telah disimpan tadi :


    Setelah membuka file tersebut, sobat akan diarahkan ke web browser default sobat. Dan lihat apa yang ditampilkan di dalam halaman tersebut :


Demikian materi HTML yang saya sampaikan hari ini. Saya akan membahas materi HTML lebih lanjut pada postingan saya selanjutnya. Semoga bermanfaat untuk sobat yang memulai belajar HTML, Terimakasih :)


No comments:

Post a Comment