Friday, August 1, 2014

Membuat Fungsi di Bahasa Pemrograman Python

Python mengijinkan sobat untuk membuat suatu fungsi sesuai keinginan sobat sendiri. Satu fungsi yang sobat buat akan digunakan untuk satu masalah. Jadi jika ada dua fungsi berarti digunakan untuk dua masalah. Jika ada tiga fungsi maka digunakan untuk tiga masalah, dan seterusnya. Membuat fungsi sesuai keinginan sobat memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah mengijinkan sobat untuk memanajemen kode, menghapus kode, menambah kode sesuai keinginan sobat, dan lain-lain. Dengan membuat fungsi, sobat biisa membuat rumus dengan nama sobat sendiri, atau nama-nama yang lain, itu terserah sobat. Saya rasa masih banyak manfaat lain. Oke kita lanjutkan ke topik. Bagaimana cara membuat fungsi tersebut ? Langsung aja lihat rumus penulisan fungsi di bawah ini :def namaFungsi(variable) :
     instruksi
     return hasil
Agar lebih paham, saya akan memberikan beberapa contoh di bawah. Tolong sobat membaca pelan-pelan dan memahami langkah demi langkah. :
bahasa pemrograman python

Lihat contoh lain :
bahasa pemrograman python

Keterangan :
  • Contoh di atas, di fungsi ucapkanSalam tidak menggunakan return tapi print (Di ijinkan dalam Python)
  • Dalam fungsi luasLingkaran, sobat harus import pi=3,14 dari modul math
  • Dalam fungsi factorial, adalah rekursif. Apa arti dari rekursif ? jika sobat lihat di fungsi ini, ada instruksi “factorial(n-1)”. Nama dari instruksi tersebut adalah sama dengan nama fungsi factorial yang sobat buat. Jadi, sobat bisa menyimpulkan bahwa rekursif akan terjadi jika fungsi tersebut memanggil dirinya(nama fungsi) sendiri dalam instruksi.
Saya rasa topik ini cukup sulit untuk dipahami, jadi sobat perlu meningkatkan belajarnya dan mencoba untuk membuat fungsi yang lebih kompleks sehingga skill sobat akan meningkat. Sobat bisa membuat fungsi yang diinginkan dan memecahkan masalah dengan fungsi tersebut. Saya rasa cukup untuk hari ini, saya akan melanjutkan tulisan saya dengan topik lain. Terimakasih telah mengunjungi blog saya, tolong beri komentar di kolom bawah sob agar saya bisa mengoreksi dan meningkatkan tulisan saya. OK ;)

No comments:

Post a Comment