Saturday, August 2, 2014

Cara Klaim atau Verifikasi Blog Kita ke Alexa

Selamat datang kembali di blog saya sobat. Saya rasa ilmu yang saya bagikan kepada sobat-sobat kali ini mempunyai manfaat yang besar, terutama bagi para blogger pemula. Seseuai dengan topik di atas, kita akan membicarakan tentang Cara Klaim atau Verifikasi blog kita ke Alexa.

Lalu apa sebenarnya Alexa itu ? Alexa atau Alexa Rank adalah nama sistem untuk mengetahui seberapa besar traffic blog sobat. Alexa merupakan sebuah sistem yang diciptakan oleh alexa.com dan Alexa dihitung berdasarkan seberapa banyak kunjungan ke sebuah blog.

Rumus Alexa :
Alexa rank dihitung bukan dari angka terkecil akan tetapi dari angka terbesar. Jadi kesimpulannya semakin sedikit nilai Alexa maka semakin bagus ranking Alexa pada blog sobat.

Demikianlah rumus perhitungan dari Alexa Rank. Sekarang kita perlu mengetahui Kenapa kita perlu Mengeklaim blog sobat ke Alexa ?

Jawabannya adalah karena dengan mengeklaim blog sobat bisa mempengaruhi rampingnya ranking Alexa blog sobat. Maksud dari ramping adalah nilai Alexa rank sobat akan semakin sedikit sehingga nilai jual blog anda akan semakin mahal. Sebenarnya ini adalah salah satu cara untuk merampingkan Alexa rank pada sebuah blog, masih ada banyak cara untuk merampingkan blog sobat. Insya Alloh kita akan bahas itu di postingan selanjutnya.

Oke langsung saja kita mulai bagaimana Cara Klaim atau Verifikasi blog kita ke Alexa :

  1. Sobat login dulu ke www.alexa.com
  2. Lalu sobat masuk ke http://www.alexa.com/siteowners/claim
  3. Kemudian masukkan url blog sobat ke kolom yang disediakan, kemudian klik Claim Your Site

  4. Setelah itu akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini

  5. Untuk mempermudah pilih Method 2
  6. Setelah itu di bawah pilihan method 2 akan muncul gambar seperti ini.

  7. Lihat ada scipt yang ada di kotak, copy scirpt tersebut, kemudian paste ke template blog anda dengan cara :
    1. Buka dan login ke blog sobat
    2. Masuk ke dashboard
    3. Pilih template
    4. Edit HTML
    5. untuk mempermudah pencarian, ctrl + F di dalam kolom script kemudian ketik <head>
    6. paste script yang sobat copy dari www.alexa.com tadi tepat di bawah <head>
      Atau saya kasih gambar biar jelas sob :

  8. Simpan template.
  9. Kembali ke alexa, klik verify my ID.

  10. Jika sobat-sobat sukses, maka akan muncul gambar seperti di bawah ini.

  11. Demikianlah cara mengeklaim blog sobat ke Alexa. Saya katakan sekali lagi bahwa ini adalah salah satu cara agar bisa merampingkan alexa rank kita. Masih banyak cara lain yang bisa sobat lakukan, yang paling jelas merampingkan alexa adalah dengan update artikel setiap hari akan mempercepat mendapatkan hasilnya. Karena alexa lebih suka blog yang update setiap hari, tidak hanya alexa tapi pengunjung pun pasti akan lebih suka dengan blog yang update setiap hari.

    Cukup sekian yang bisa saya bagikan pada postingan hari ini, semoga ini dapat bermanfaat bagi sobat-sobat blogger semua. Tetap semangat untuk meraih apa yang ingin kita dapatkan. Good Luck !

2 comments: