Sunday, August 3, 2014

Membuat Tuple, List, dan Dictionary di Bahasa Pemrograman Python

Kita telah belajar membuat Fungsi di Bahasa Pemrograman Python dalam tulisan saya sebelumnya. Sekarang kita harus tahu bagaimana menyimpan beberapa nilai menjadi suatu rangkaian yang berada di dalam tuple, list, dan dictionary. Ada beberapa perbedaan antara tuple, list, dan dictionary. Mari kita mulai pembelajaran hari ini :
  1. Tuple
    Tuple adalah suatu rangkaian dari nilai yang diapit dengan tanda kurung lengkung/ round bracket “( )” dan bersifat immutable (tetap).
    Apa yang dimaksud immutable? Itu berarti rangkaian dari nilai di dalam tuple tersebut tidak bisa dirubah (unchanged).
    Langsung lihat contoh di bawah ini sob :
    bahasa pemrograman python

    Lebih lanjut tentang list, lihat contoh di bawah ini :
    bahasa pemrograman python
  2. List
    List adalah suatu rangkaian dari nilai yang diapit dengan tanda kurung siku/ square breacket “[ ]” dan bersifat mutable (dapat berubah).
    Mutable berarti rangkaian dari nilai di dalam list tersebut dapat dirubah.
    Saya kasih contoh di bawah sob :
    bahasa pemrograman python

    Contoh lain lihat gambar di bawah :
    bahasa pemrograman python
  3. List bersifat mutable. Jadi kita bisa menambah, menghapus, merubah, dan memodifikasi nilai dari list tersebut. Banyak operasi dan metode yang bisa kita lakukan di dalam list :
    • Operasi List
      bahasa pemrograman python
    • Metode List
      bahasa pemrograman python
    • Menghapus List
      bahasa pemrograman python
  4. Dictionary
    Dictionary hampir sama dengan list akan tetapi lebih umum. Di dalam list, untuk mengindeks nilai harus menggunakan integer. Berbeda dengan dictionary, untuk mengindeks nilai bisa dengan integer tapi bisa juga dengan tipe lain misalnya string, variable tertentu, dan lain-lain.
    Dalam dictionary, terdiri dari sebuah set key dan sebuah set value yang biasa dipanggil key-value pair. Setiap key memetakan satu value. Mari kita lihat langsung contohnya :
    bahasa pemrograman python
Oke, saya rasa cukup untuk pembelajaran kita hari ini mengenai Bahasa Pemrograman Python. Sobat bisa meningkatkan pembelajaran dengan masalah lain yang lebih expert. Dengan berpedoman materi yang basik ini, saya yakin sobat lebih bisa mengembangkan ke pembelajaran yang lebih mendalam. Saya akan berusaha keras menulis materi Python yang lebih kompleks. Jadi, mohon ditunggu ya !
Thank You !

No comments:

Post a Comment