Sunday, September 14, 2014

Cara Membuat Program Upper, Lower, dan Title di Bahasa Pemrograman Python (Lower)

Cara Membuat Program Upper, Lower, dan Title di Bahasa Pemrograman Python (Lower) | pemrograman | komputer | bahasa python
  • Konversi huruf kapital ke huruf kecil Program function ini tipenya sama dengan program function sebelumnya pada postingan saya dengan judul “Cara Membuat Program Upper, Lower, dan Title di Bahasa Pemrograman Python (Upper)”. Perbedaannya hanyalah pada instruksi if dengan kondisi yang berbeda. Silahkan lihat contoh di bawah ini sob :
    bahasa pemrograman python

    Mode interactive setelah program di eksekusi :
    bahasa pemrograman python

    Keterangan : Pada program ini terdapat script chr(ord(huruf)+32) karena pengkonversian dari huruf besar ke huruf kecil. Kita telah mengetahui bahwa selisih antara nilai huruf kecil dengan huruf besar adalah 32. Lalu kenapa harus ditambah 32 ? kenapa tidak dikurangi 32 seperti program pada postingan sebelumnya ? Kita ambil contoh, jika kita punya satu huruf besar misalnya ‘C’ ingin kita konversikan ke huruf kecil ‘c’. Kita gunakan dulu fungsi ord(‘C’) maka akan menghasilkan nilai 67. Padahal nilai dari huruf kecil ‘c’ sendiri adalah 99. Maka kita harus menambahkan nilai 67 dengan nilai 32 yang akan menghasilkan nilai 99. Sehingga fungsinya akan berubah menjadi ord(99) dengan konversinya adalah huruf kecil ‘c’.
<< Baca Materi Sebelumnya Baca Materi Selanjutnya >>

No comments:

Post a Comment