Saturday, September 13, 2014

Cara Membuat Program Upper, Lower, dan Title di Bahasa Pemrograman Python (Upper)

Cara Membuat Program Upper, Lower, dan Title di Bahasa Pemrograman Python (Upper) | pemrograman | komputer | bahasa python
Upper, lower, dan Title adalah fungsi yang sudah disediakan di python. Ketika seorang user ingin mengkonversi tipe huruf kecil ke huruf kapital atau sebaliknya dan atau ke tipe huruf title, user bisa menggunakan secara langsung fungsi tersebut. Seperti yang saya contohkan di postingan saya sebelumnya yaitu “Membuat class di Bahasa Pemrograman Python (Class Pesan)”. Jika sobat perhatikan, saya menggunakan fungsi upper, lower, dan title di dalam contoh tersebut. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini :
bahasa pemrograman python

Saya telah menggarisbawahi fungsi yang telah saya sebutkan tadi dalam gambar di atas. Fungsi upper adalah untuk mengkonversi huruf kecil ke huruf kapital. Fungsi lower adalah untuk mengkonversi huruf kapital ke huruf kecil. Dan fungsi title adalah untuk mengkonversi huruf kecil atau kapital ke huruf title. Lalu, apa tujuan kita di pembelajaran hari ini ? Kita akan membuat sebuah program pengkonversian huruf dengan tidak menggunakan fungsi-fungsi di atas. Kita akan membuat sebuah program pengkonversian huruf menggunakan fungsi chr dan ord. Apa fungsi chr dan ord itu ? Fungsi chr adalah untuk mengkonversi angka ke huruf, contoh :
bahasa pemrograman python

Fungsi ord adalah untuk mengkonversi huruf ke angka, contoh :

Jika sobat perhatikan dari kedua contoh chr dan ord di atas, nilainya saling berhubungan. Jadi permasalahan hari ini adalah bagaimana cara menggunakan fungsi chr dan ord di atas untuk membuat sebuah program pengkonversian huruf. Setelah memahami semua yang saya jelaskan di atas, sobat bisa memulai ke tahap pembuatan program di bawah.
  • Konversi huruf kecil ke huruf kapital
    bahasa pemrograman python

    Dan hasil interactive shell nya akan seperti iini :
    bahasa pemrograman python
Baca Materi Selanjutnya >>

No comments:

Post a Comment