Sunday, September 7, 2014

Menghitung Huruf Vokal dan Konsonan di Bahasa Pemrograman Python

Menghitung Huruf Vokal dan Konsonan di Bahasa Pemrograman Python | pemrograman | komputer | bahasa python
  1. Pengertian Huruf adalah beberapa komponen yang menyusun sebuah kata. Ada dua macam huruf yaitu huruf vokal dan huruf konsonan. Huruf vokal atau huruf hidup terdiri dari a,i,u,e, dan o. Sedangkan huruf kononan atau huruf mati terdiri dari semua huruf selain huruf vokal tersebut. Saya rasa tidak ada yang sulit dalam memperlajari pengertian huruf. Lalu program apa yang ingin kita buat kali ini ? Kita akan mempelajari bagaimana menentukan jumlah huruf vokal dan huruf konsonan yang ada di dalam sebuah kata maupun kalimat. Well, jika kita ingin menghitung jumlah huruf vokal atau pun konsonan dalam sebuah kata, itu sangatllah mudah dengan menghitung manual. Tapi apakah sobat mau jika disuruh menghitung jumlah huruf vokal atau konsonan dalam sebuah kalimat yang panjang ? Atau dalam sebuah paragraf ? Atau dalam sebuah artikel ? Atau dalam sebuah buku? It’s so tired sob, alias sangat melelahkan. Baik kita akan mencari solusi terbaik untuk kasus ini. Sesuai judulnya kita akan mempelajari bagaimana “Menghitung Huruf Vokal dan Konsonan di Bahasa Pemrograman Python” . Langsung lihat ke bawah sob !
  2. Menghitung Jumlah Vokal
    def jumlahVokal(string) :--> Membuat function bernama jumlahVokal dan var string      yang akan diinput oleh user.
        vowel = "AIUEOaiueo"--> Membuat var vowel dengan nilai "AIUEOaiueo"
        jumVokal = ""--> Membuat var jumVokal yang bernilai sebuah objek kosong      bertipe string.
        for character in string--> Fungsi looping yang akan mengindeks nilai(huruf-huruf)      dari var string yang dimasukkan user tadi dengan diwakili      var character.
            if character in vowel :--> Jika var character ada di dalam var vowel, maka :
                jumVokal += character--> Menambahkan nilai character yang terindeks ke dalam var      jumVokal.
        return len(jumVokal)--> Mengembalikan jumlah huruf dari nilai var jumVokal.

    Keterangan : Mungkin sobat masih bertanya-tanya mengenai var jumVokal yang bernilai string kosong (“”). Tujuan kita dalam kasus ini adalah menambahkan huruf-huruf yang telah terindeks oleh program ke dalam var jumVokal. Jadi kita anggap kalau var jumVokal itu adalah wadah untuk huruf yang terindeks tersebut. Untuk fungsi looping for, yaitu mengindeks huruf-huruf yang dimasukkan oleh user di var string. Sedangkan insruksi if di bawahnya untuk mengambil huruf terindeks yang ada atau sama dengan salah satu nilai var vowel. Lihat contoh di bawah ini :
    bahasa pemrograman python
  3. Menghitung Nilai Konsonan
    def jumlahKonsonan(string) :--> Membuat function bernama jumlahKonsonan dan var      string yang akan diinput oleh user.
        vowel = " AIUEOaiueo"--> Membuat var vowel dengan nilai " AIUEOaiueo"
        jumKonsonan = ""--> Membuat var jumKonsonan yang bernilai sebuah objek      kosong bertipe string.
        for character in string--> Fungsi looping yang akan mengindeks nilai(huruf-huruf)      dari var string yang dimasukkan user tadi dengan diwakili      var character.
            if character not in vowel :--> Jika var character tidak ada di dalam var vowel, maka :
                jumKonsonan += character--> Menambahkan nilai character yang terindeks ke dalam var      jumKonsonan.
        return len(jumKonsonan)--> Mengembalikan jumlah huruf dari nilai var jumKonsonan.

    Keterangan : Jika sobat mencermati nilai var vowel di atas berbeda dengan nilai var vowel di program sebelumnya. Nilai var vowel kali ini ditambah string spasi (“ “). Fungsinya adalah ketika kita menghitung huruf konsonan dalam sebuah kalimat, spasi tidak ikut dihitung. Jika user memasukkan beberapa kalimat atau bahkan beberapa paragraf, sobat bisa menambah lagi nilai dari var vowel. Jadi tidak hanya ditambah spasi (“ “), tapi bisa juga ditambah lagi dengan titik (“.”), koma (“,”), tanda tanya (“?”), atau karakter-karakter lain. Instruksi if dibawah fungsi for, sobat perhatikan ada yang berbeda dengan program sebelumnya. Setelah var character terdapat fungsi not yang berfungsi sebagai pertidaksamaan. Artinya huruf terindeks yang tidak ada atau sama dengan nilai var vowel, maka itulah huruf konsonan yang akan dihitung. Lihat contoh di bawah ini :
    bahasa pemrograman python
Saya rasa cukup simple untuk materi hari ini. Jika sobat masih kurang puas dengan penjelasan yang saya sampaikan, sobat bisa menanyakan langsung di kolom komentar di bawah. Saya akan dengan senang hati menjawab sesuai dengan kemampuan saya. Para master yang mengunjungi blog saya, bisa menambahkan kekurangan-kekurangan tulisan saya. Terimakasih

5 comments:

  1. Sepertinya sangat menguasai bidang pemrograman ya mas, salut deh.
    Saya lihat html aja langsung mumet.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua bisa dipelajari kok sob asal punya komitmen yang kuat.

      Delete
  2. mau tanya kalau inputnya misalkan "yunus" itu menhitung jumlah huruf dan vokalnya dengan smenggunakan subrutin gimana ya pak?

    ReplyDelete
  3. input = 2r 3w
    outputnya = rr www
    gimana gan coding nya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. input = 2*r 3*w
      output = rr www
      mungkin maksudnya gitu om?

      Delete