Thursday, September 11, 2014

Membuat Class di Bahasa Pemrograman Python ( Class Mahasiswa )

Membuat Class di Bahasa Pemrograman Python ( Class Mahasiswa ) | pemrograman | komputer | bahasa python
  • Class Mahasiswa Pada pertemuan kali ini kita akan melanjutkan materi tentang class dalam bahasa python. Pertemuan sebelumnya kita telah membahas tentang bagaiamana “Membuat class di Bahasa Pemrograman Python ( Class Pesan )”. Saya sudah menjelaskan secara detail bagaiamana membuat program class pesan di postingan saya tersebut. Jika sobat masih ada yang belum paham bisa ditanyakan di kolom komentar. Baik, kali ini kita akan membahas tentang class mahasiswa. Bagi sobat yang sedang berada di bangku perkuliahan terutama di jurusan Teknik Informatika, program ini akan sangat membantu sobat untuk memahami dan mengaplikasikan fungsi class di bahasa python. Program ini akan berfungsi ketika sobat ingin mencari atau mengolah daftar mahasiswa. Mulai dari nama mahasiswa, NIM mahasiswa, alamat mahasiswa, dan lain-lain. Kita langsung lihat contooh gambar di bawah sob :
    bahasa pemrograman python

    Keterangan : Saya rasa program class di atas hampir sama dengan progam class sebelumnya di postingan saya yang berjudul “Membuat class di Bahasa Pemrograman Python ( Class Pesan )”. Hanya yang berbeda di sini adalah adanya script tambahan yang belum ada di program class sebelumnya. Pertama, lihat script di dalam dan di bawah function __init__ ( initial ). Itulah variable dari object-object yang ingin diakses ataupun diolah oleh user. Jadi dalam penulisan atau penginputan class mahasiswa pun harus menyertakan unsur-unsur object yang telah ditulis di function __init__ tersebut. Kedua, di dalam function tambahUangSaku berfungsi untuk menamabah nilai uang saku pada mahasiswa tersebut. Contoh di atas tertulis bahwa uang saku mhs2 adalah 150000. Kemudian ditambah dengan 300000 dan hasil akhirnya adalah 450000.
<< Baca Materi Sebelumnya Baca Materi Selanjutnya >>

8 comments:

  1. Memahami bahasa pemograman memang susah. Seperti waktu di smk dulu.

    ReplyDelete
  2. @aldi, makasih.. silahkan kalau mau belajar

    ReplyDelete
  3. @nurdin, kita bisa belajar bersama di sini gan,,
    jika ada kesulitan silahkan bertanya saja, saya akan menjawab sesuai kemampuan saya. karena saya juga masih dalam tahap belajar

    ReplyDelete
  4. terimakasih ,,, saya masih harus banyak belajar

    ReplyDelete
  5. @neng rina, sama-sama neng. silahkan kalau mau belajar

    ReplyDelete