- Segitiga SikuSegitiga Siku adalah salah satu bangun datar yang memiliki alas dan tinggi. Segitiga memiliki tiga sudut yang berjumlah 180 derajat. Akan tetapi yang membedakan antara segitiga siku dengan segitiga lain adalah segitiga ini memiliki satu sudut siku yaitu 90 derajat. Dalam program ini saya akan membentuk segitiga siku dengan alas dan tinggi sama karena jika saya membuat dengan alas dan tinggi yang berbeda maka hasilnya tidak akan membentuk sebuah segitiga. Mengapa demikian ? pasti sobat semua bertanya dalam hati. Hal ini dikarenakan dalam pembuatan gambar tidak menggunakan baris seperti layaknya kita menggambar dengan pensil akan tetapi kita akan menggunakan sebuah karakter misalnya menggunakan karakter "*" atau "#" dan sebagainya. Dan hasil akhirnya akan terlihat seperti segitiga siku dan juga segitiga sama sisi. Lalu bagaimana membuat sebuah program Python untuk menggambar segitiga siku ? Perhatikan program di bawah ini :
def cetakSiku(y) : --> Membuat function dengan nama cetakSiku dan var y yang akan diinput oleh user for i in range(y+1) --> Fungsi looping yang akan mengindeks angka 0 sampai y+1 print "#"*i --> Mencetak karakter ‘#’ dengan kelipatan i - Persegi Persegi adalah salah satu bangun datar yang memiliki panjang dan lebar. Persegi memiliki 4 sudut yang sama yaitu 90 derajat dan jumlah sudut diantara keempat sudut tersebut adalah 360 derajat. Dalam menggambar persegi akan terlihat lebih akurat daripada segitiga karena antara satu sisi dengan sisi lainnya pasti tegak lurus. Hanya saja mungkin diantara sobat terlintas dalam kepala bagaimana cara melubangi kotak tengah yang akan dicetak. Karena jika kita pikir sejenak bahwa dengan menggunakan looping kita bisa membuat dengan mudah sebuah kotak yang padat atau berisi (tengahnya tidak ada lobang). Oke mari kita buat programnya sob.
def persegiPanjang(x,y) : --> Membuat function dengan nama persegiPanjang dengan panjang diwakili var x dan lebar diwakili var y for i in range(x) --> Fungsi looping yang mengindeks angka 0 sampai x diwakili var i if i == 0 i or == x-1 : --> Jika pengindeksan oleh var i nilainya sama dengan 0 atau x-1, maka : print "@"*i --> Mencetak karakter "@" dengan kelipatan i else : --> Jika pengindeksan oleh var i nilainya selain angka 0 atau x-1, maka : print "@"+" "*(y-2)+"@" --> Mencetak karakter "@" sebagai pembuka ditambah string " " (spasi) dengan kelipatan y-2 sebagai lobang tengah ditambah lagi karakter "@" sebagai penutup.
Lihat contoh di bawah ini :
Langsung ke contoh di bawah ini sob :
kalau bikin segitiga sama Kaki namun tengahnya berlubang bagaimana?
ReplyDeletekok dicoba ndk tengah kosong kotak nya
DeleteDapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com
ReplyDeleteKeunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )
Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66
Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com
bosku minat daftar langsung aja bosku^^